Beranda | Artikel
Anjuran Dzikir Pagi dan Petang
Selasa, 23 Mei 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Anjuran Dzikir Pagi dan Petang adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 20 Ramadhan 1444 H / 11 April 2023 M.

Anjuran Dzikir Pagi dan Petang

Pembahasan kita insyaAllah masih akan melanjutkan tentang dzikir di pagi hari dan di petang hari. Ini menunjukkan bahwa seorang hamba hendaknya selalu berdzikir mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah bahwa Allah dan RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mensyariatkan kepada kita macam-macam dzikir. Karena memang manusia diciptakan oleh Allah untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah/menyembah Aku.” (QS. Az-Zariyat[51]: 56)

Dan di antara ibadah yang afdhal adalah berzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bahkan Allah ‘Azza wa Jalla mensyariatkan kepada kita berbagai hal yang Allah wajibkan seperti shalat, puasa, haji dan yang lainnya, ini semua adalah dalam rangka berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

… وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي

“Dan tegakkanlah shalat untuk berdzikir (mengingat Aku).” (QS. Tha Ha[20]: 4)

Maka dzikir adalah ibadah yang mulia, yang mengikat hubungan seorang hamba dengan penciptanya, yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Di antara dzikir-dzikir yang kita dianjurkan membacanya adalah dzikir dipagi hari dan dipetang hari. Karena Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan contoh kepada kita tentang dzikir pagi dan petang. Meskipun sebetulnya berdzikir kepada Allah itu setiap waktu. Dimanapun dan kapanpun seorang hamba berada, dia dianjurkan untuk selalu berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Lihat: Teks dan mp3 dzikir pagi dan dzikir petang

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52932-anjuran-dzikir-pagi-dan-petang/